PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan :
MA. A-Ikhwan Cikalongwetan
Mata Pelajaran :
Fiqih
Kelas / Semester :
X / Ganjil
Tahun Pelajaran :
2016/2017
Kompetensi
Inti (KI)
KI – 1 :
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di anutnya
|
KI – 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai) santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI – 3 :
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI – 4 :
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
`1.1……….
2.1……….
3.1. Mempresentasikan konsep fikih Islam
4.1. Menyajikan konsep Fikih Islam
|
3.1.1 Menjelaskan konsep fikih dalam Islam
3.1.2 Menjelaskan ruang lingkup fikih
3.1.3 Menjelaskan
perbedaan fiqih, syari’ah dan ibadah
3.1.4 Menjelaskan
macam-macam ibadah dan karakterisknya
4.1.1 Mempresentasikan konsep fikih Islam
|
2 JP
2 JP
|
`1.2……….
2.2……….
3.2. Menganalisis
tata cara pengurusan jenazah dan hikmahnya Menjelaskan tata cara dalam
kepengurusan jenazah
4.2. Memperagakan tata cara penyelenggaraan
jenazah
|
3.2.1 Menjelaskan
kewajiban umat Islam terhadap orang yang meninggal
3.2.2 Menjelaskan
tata cara memandikan jenazah
3.2.3 Menjelaskan
tata cara mengkafani jenazah
3.2.4 Menjelaskan
tata cara mensholati jenazah
3.2.5 Menjelaskan
tata cara menguburkan Jenazah
4.2.1 Mempraktekkan
pengurusan jenazah
|
2 JP
2 JP
|
`1.3……….
2.3……….
3.3 Menelaah ketentuan Islam tentang zakat, undang-undang pengelolaan zakat
dan hikmahnya
4.3 Menunjukkan contoh penerapan ketentuan zakat
|
3.3.1
Menjelaskan ketentuan
zakat dalam Islam
3.3.2
Menjelaskan macam-macam
zakat
3.3.3
Memberikan contoh
penerapan zakat sesuai dengan undang-undang
3.3.4
Menjelaskan hikmah
zakat
4.3.1
Mempraktikkan
penghitungan zakat
|
2 JP
2 JP
|
`1.4……….
2.4……….
3.4
Menelaah ketentuan
Islam tentang haji dan umrah, Undang-Undang penyelenggaraan haji dan umrah beserta hikmahnya
4.4
Memperagakan
simulasi manasik haji dan umrah
|
4.4.1
Menjelaskan ketentuan
Islam tentang haji dan umrah
4.4.2
Mengidentifikasi
Undang-undang penyelenggaraan haji dan umrah
4.4.3
Menunjukkan contoh
penerapan macam-macam manasik haji
4.4.4
Menunjukkan contoh
kerjasama dan tolong menolong dalam pelaksaan ibadah haji
4.4.5
Menjelaskan hikmah
pelaksanaan ibadah haji
4.4.1
Mempraktikkan
pelaksanaan manasik haji sesuai dengan ketentuan perundang-undangan tentang
haji
|
4 JP
4 JP
|
1.5……….
2.5……….
3.5
Menganalisis tata cara pelaksanaan kurban
dan akikahserta hikmahnya
4.5
Mendemontrasikan pelaksanaan kurban dan akikah sesuai syariat
4.5
Memperagakan
simulasi manasik haji dan umrah
|
3.5.1 Menjelaskan
tata cara pelaksanaan kurban
3.5.2 Menjelaskan
tata cara pelaksanaan aqiqah
3.5.3 Menjelaskan
hikmah qurban
3.5.4 Menjelaskan
hikmah aqiqah
4.5.1 Mempraktikkan cara
pelaksanaan kurban
4.5.2 Mempraktikkan cara
pelaksanaan aqiqah
|
2 JP
4 JP
|
Ulangan Harian 1
|
|
2 JP
|
Ulangan Harian 2
|
|
2 JP
|
Cadangan
|
|
4 JP
|
Jumlah Jam pada Semester 1
|
|
34 JP
|
Mengetahui,
Kepala MA. Al-Ikhwan
Ruhyan Soleh, S.Ag., M.M.Pd
|
Cikalongwetan, 18 Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
Yagus Taofik, S.Ag., M.Pd.I
|
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan :
MA. A-Ikhwan Cikalongwetan
Mata Pelajaran :
Fiqih
Kelas / Semester :
X / Genap
Tahun Pelajaran :
2016/2017
Kompetensi
Inti (KI)
KI – 1 :
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di anutnya
|
KI – 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai) santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI – 3 :
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI – 4 :
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
`1.1……….
2.1……….
3.1. Memahami
ketentuan Islam tentang kepemilikan dan akad
4.1
Mempresentasikan aturan Islam tentang
kepemilikan dan akad
|
3.1.1
Menjelaskan aturan
Islam tentang kepemilikan
3.1.2
Menjelasakan
sebab-sebab kepemilikan
3.1.3
Menyebutkan macam-macam
kepemilikan
3.1.4
Menjelaskan ketentuan
akad
4.1.1
Memperagakan akad
|
2 JP
2 JP
|
`1.2……….
2.2……….
3.2. Menelaah ketentuan Islam
tentang perekonomian Islam
4.2
Mensimulasikan cara jual beli, khiywr,
muswqah, muzwra’ah, mukhwbarah, syirkah, murwbapah, muiwrabah, dan salam
|
3.2.1
Menjelaskan aturan Islam tentang perekonomian Islam
3.2.2
Menjelaskan cara jual
beli
3.2.3
Menjelaskan khiyar
3.2.4
Menjelaskan musaqah
3.2.5
Menjelaskan muzara’ah
3.2.6
Menjelaskan mukhabarah
3.2.7
Menjelaskan syirkah
3.2.8
Menjelaskan murabahah
3.2.9
Menjelaskan mudharabah
3.2.10 Menjelaskan jual beli salam
4.2.1
Mempraktikkan cara jual beli
4.2.2
Mempraktikkan khiyar
4.2.3
Mempraktikkan musaqah, muzara’ah dan mukhabarah
4.2.4
Mempraktikkan syirkah
4.2.5
Mempraktikkan murabahah
4.2.6
Mempraktikkan mudharabah
4.2.7
Mempraktikkan salam
|
4 JP
4 JP
|
`1.3……….
2.3……….
3.3 Memahami ketentuan
Islam tentang wakaf, hibah, sedekah dan hadiah
4.3
Mempraktikkan cara pelaksanaan wakaf, hibah,
sedekah, dan hadiah
|
3.3.1
Menjelaskan hibah
3.3.2
Menjelaskan shadaqah
3.3.3
Menjelaskan
hadiah
3.3.4
Menjelaskan wakaf
3.3.5
Mempraktikkan
tata cara hibah
3.3.6
Mempraktikkan
tata cara shadaqah
3.3.7
Mempraktikkan
tata cara hadiah
3.3.8
Mempraktikkan
tata cara wakaf
|
2 JP
4 JP
|
`1.4……….
2.4……….
3.4 Memahami ketentuan Islam
tentang wakalah dan sulpu
4.4 Mempresentasikan ketentuan wakalah
dan sulpu
|
3.4.1
Menjelaskan ketentuan Islam tentang wakalah
3.4.2
Menjelaskan ketentuan Islam tentang shulhu
3.4.3
Menjelaskan hikmah wakalah
3.4.4
Menjelaskan hikmah shulhu
4.4.1
Mempresentasikan wakalah
4.4.2
Mempresentasikan sulhu
|
2 JP
2 JP
|
1.5……….
2.5……….
3.5 Memahami ketentuan Islam
tentang iaman dan kafalah
4.5 Mempraktikkan cara iaman dan kafalah
|
3.5.1
Menjelaskan
ketentuan Islam tentang dlaman
3.5.2
Menjelaskan
ketentuan Islam tentang kafalah
3.5.3
Membedakan antara
dhaman dan kafalah
3.5.4
Menjelaskan
hikmah dlaman
3.5.5
Menjelaskan
hikmah kafalah
4.5.1
Mempraktikkan
tata cara dlaman
4.5.2
Mempraktikkan
tata cara kafalah
|
2 JP
4 JP
|
Ulangan Harian 1
|
|
2 JP
|
Ulangan Harian 2
|
|
2 JP
|
Cadangan
|
|
4 JP
|
Jumlah Jam pada Semester 1
|
|
38 JP
|
Mengetahui,
Kepala MA. Al-Ikhwan
Ruhyan Soleh, S.Ag., M.M.Pd
|
Cikalongwetan, 18 Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
Yagus Taofik, S.Ag., M.Pd.I
|
No comments:
Post a Comment