Sunday, December 11, 2016

SOAL UAS IPS SMK KELAS XII

ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJILTAHUN PELAJARAN 2016/2017


NAMA SEKOLAH               : SMK BUDI BAKTI UTAMA
MATA PELAJARAN            : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS / SEMESTER           : XII/I
KOMPETENSI KEAHLIAN: TKJ DAN AP
ALOKASI WAKTU              : 90 Menit

A.     Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c, d, atau e !
1.      Kata budaya berasal dari bahasa sangsekerta yang berarti ….
a.       karsa
b.      rasa
c.       cipta
d.      akal
e.       karya
2.      Seperangkat asumsi penting yang dimiliki anggota masyarakat adalah pengertian budaya menurut pendapat ...
a.       Clifford Geertz
b.      Vijay Sathe
c.       Allan Kennedy
d.      Selo Soemardjan
e.       Edgar H. Schein
3.      Dalam bahasa Inggris kebudayaan diterjemahkan dari istilah Culture yang berarti ...
a.       mengolah
b.      memelihara
c.       mempertahankan
d.      membuat
e.       menjaga
4.      Dari semua pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan karakteristik kebudayaan adalah …
a.       kebudayaan selalu mengalami perkembangan
b.      peradaban berubah secara cepat
c.       kebudayaan bersifat dinamis
d.      kebudayaan berubah secara lambat
e.       tidak ada kebudayaan yang statis
5.      Menurut Soerjono Soekamto budaya asing dapat menimbulkan pengaruh positif, kecuali ...
a.       perkembangan fashion yang baik
b.      pembangunan yang semakin berkembang
c.       meningkatnya kesejahteraan dan perekonomian bangsa
d.      perkembangan teknologi dan pola pikir bangsa
e.       terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur
6.      Di bawah ini yang tidak termasuk unsur budaya adalah ...
a.       religi atau kepercayaan
b.      mata pencaharian
c.       tingkah laku
d.      bahasa
e.       pengetahuan
7.      Masyarakat yang hingga kini masih hidup berburu dan meramu makanan terdapat di pedalaman …
a.       Sumatera Utara
b.      Jawa Barat
c.       Kalimantan Selatan
d.      Papua
e.       Sulawesi
8.      Tradisi batapung tawar adalah sebuah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat ...
a.       Sumatera Utara
b.      Jawa Barat
c.       Kalimantan Selatan
d.      Papua
e.       Sulawesi
9.      Tedhak sinten, yaitu tradisi adat jawa yang merupakan upacara bagi bayi yang usianya 5 – 6 bulan saat pertama turun ke tanah. Tujuan dari tradisi ini adalah ...
a.       agar si anak menjadi kaya
b.      agar si anak menjadi sehat dan kuat
c.       agar ibunya menjadi sehat
d.      agar si anak menjadi pribadi yang mandiri
e.       agar si anak cepat berjalan
10.  Contoh wujud kebudayaan yang berupa immaterial adalah …
a.       Keraton Yogyakarta
b.      Keris mpu Gandring
c.       Candi Borobudur
d.      kesenian
e.       sistem pengetahuan
11.  Sebuah proses berbaurnya dua atau lebih kebudayaan yang berbeda, kemudian membentuk kebudayaan baru dan kebudayaan asli hilang oleh perbauran budaya disebut ….
a.       difusi
b.      akulturasi
c.       asimilasi
d.      subtitusi
e.       adisi
12.  Suatu bentuk penambahan unsur kebudayaan yang baru, namun masih menggunakan unsur kebudayaan yang lama karena dipandang masih memiliki nilai disebut ….
a.       difusi
b.      akulturasi
c.       asimilasi
d.      subtitusi
e.       adisi
13.  Berikut merupakan nilai-nilai kebudayaan barat adalah ….
a.       kecanggihan senjata dan teknologi
b.      keberanian, kebebasan, dan teknologi
c.       kemandirian, liberal, dan kebebasan
d.      martabat manusia, kebebasan, dan teknologi
e.       individual, kebebasan, dan teknologi
14.  Berikut ini merupakan ciri-ciri yang tampak umum pada kebudayaan daerah, kecuali ….
a.       pakaian
b.      peralatan rumah tangga
c.       perumahan
d.      ideologi
e.       bahasa
15.  Pengaruh positif budaya asing yang terdapat dalam kehidupan masyarakat antara lain .....      
a.       taat kepada aturan agama
b.      berpikir ke masa lalu
c.       pasrah pada nasib
d.      mementingkan diri sendiri
e.       berorientasi ke masa depan
16.  Bentuk penolakan terhadap unsur kebudayaan asing yang masuk karena dipandang dapat menimbulkan dampak yang negatif disebut ….
a.       originasi
b.      dekulturasi
c.       rejection
d.      subtitusi
e.       adisi
17.  Berikut ini adalah program pemerintah dalam menjaga keselarasan antar budaya yang paling efisien adalah ….
a.       pendidikan
b.      transmigrasi
c.       otonomii daerah
d.      penyenggaraan festival budaya
e.       pembentukan lembaga lintas budaya
18.  Keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar adalah pengertian kebudayaan menurut pendapat ...
a.       Clifford Geertz
b.      E. B Taylor
c.       Vijay Sathe
d.      Selo Soemardjan
e.       Koentjaraningrat

19.  Di bawah ini merupakan wujud kebudayaan, kecuali ...
a.       abstrak
b.      konkret
c.       benda
d.      seni
e.       semua salah
20.  Hal-hal yang tidak mempengaruhi bereagama budaya di Indonesia adalah ...
a.       letak geografis
b.      keadaan alam
c.       daya beli masyarakat
d.      kondisi transportasi dan komunikasi
e.       sistem religi
21.  Petani, nelayan, pengrajin dan profesi lainnya merupakan salah satu ciri keberagaman budaya di Indonesia, hal itu disebabkan oleh faktor ...
a.       letak geografis
b.      keadaan alam
c.       penerimaan masyarakat
d.      kondisi transportasi dan komunikasi
e.       sistem religi
22.  Tari Cakaola, merupakan jenis tari pergaulan yang digarap berdasarkan unsur unsur gerak tari tradisional Orlapei dan Saureka reka. Tarian ini berasal dari daerah ...
a.       Sumatera Utara
b.      Maluku
c.       Kalimantan Selatan
d.      Papua
e.       Sulawesi
23.  Sikap atau pandangan yang berpangkal pada masyarakat dan kebudayaan sendiri, biasanya disertai dengan sikap dan pandangan yang meremehkan masyarakat dan kebudayaan lain disebut ...
a.       Multikultural
b.      Etnosentrisme
c.       Primodialisme
d.      Rasisme
e.       Fanatisme
24.  Di bawah ini yang tidak termasuk dampak positif dari keberagaman budaya di Indonesia adalah ...
a.       keanekaragaman kebudayaan sangat menarik dan dapat dijadikan objek pariwisata
b.      keanekaragaman budaya daerah dapat membantu meningkatkan pengembangan    kebudayaan nasional
c.       banyaknya suku bangsa yang ingin menerapkan hukum adatnya
d.      tertanamnya sikap untuk saling menghormati dan menghargai antar suku yang berbeda
e.       keanekaragaman budaya Indonesia menjadi Identitas bangsa di mata Internasional
25.  Berikut adalah kebudayaan yang dikereasikan untuk memperkaya kebudayaan nasional ….
a.       ekonomi maju
b.      ilmu pengetahuan
c.       teknologi maju
d.      adat istiadat
e.       keterampilan berorganisasi
26.  Contoh positif adanya keberagaman budaya yang terdapat dalam masyarakat terhadap perkembangan budaya nasional yaitu ....
a.       masyarakat harus toleransi terhadap perbedaan keberagaman kebudayaan
b.      keberaragaman kebudayaan menjadi dasar untuk modal sosial pembangunan budaya nasional
c.       berbedaan kebudayaan yang beragam dapat memperkaya budaya nasional
d.      keberanekaragaman kebudayaan daerah manghambat terwujudnya perkembangan budaya nasional
e.       budaya nasional dapat tumbuh dan berkembang kalau kebudayaan saling bermusuhan
27.  Perhatikan pernyataan berikut :
1)      Toleransi terhadap kelompok lain yang berbeda kebudayaan
2)      Kesempatan yang sama dalam bidang ekonomi antar berbagai kelompok
3)      Sikap saling menghargai orang lain dengan kebudayaan yang berbeda
4)      Sikap terbuka dari golongan yang berkuasa.
Dari pernyataan di atas,merupakan contoh faktor dari ...
a.       asimilasi
b.      akulturasi
c.       integrasi sosial
d.      konflik sosial
e.       diferensiasi sosial
28.  Penyatuan bangsa-bangsa yang berbeda dari suatu masyarakat menjadi suatu keseluruhan yang lebih utuh atau memadukan masyarakat-masyarakat kecil yang banyak menjadi satu bangsa. Pernyataan tersebut adalah pengertian Integrasi Nasional menurut ...
a.       Nazaruddin Syamsudin
b.      E. B Taylor
c.       Howard Wriggins
d.      Myron Wiener
e.       Koentjaraningrat
29.  Proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat adalah arti integrasi nasional secara ....
a.       hukum
b.      para ahli
c.       polititis
d.      ideologis
e.       antropologis
30.  Di bawah ini terdapat macam-macam Integrasi Nasional, kecuali ...
a.       integrasi normatif
b.      integrasi fungsional
c.       integrasi intrumental
d.      integrasi politis
e.       integrasi ideologis
31.  Adanya suatu persamaan nilai-nilai yang mendasar yang terbentuk oleh kehendak sendiri dan bukan atas dasar adanya suatu ikatan atau paksaan.pernyataan tersebut merupakan salah satu ciri dari ...
a.       integrasi normatif
b.      integrasi fungsional
c.       integrasi intrumental
d.      integrasi politis
e.       integrasi ideologis
32.  Salah satu unsur yang dapat menunjang terwujudnya integrasi nasional adalah ....
a.       selalu merayakan hari-hari besar agama
b.      memperingati hari besar nasional dengan khidmat
c.       menghilangkan semua perbedaan yang ada di Indonesia
d.      menolak segala sesuatu yang berasal dari luar negeri
e.       melestarikan kebudayaan daerah masing-masing
33.  yang menjadi dasar terwujudnya integrasi nasional adalah ...
a.       Bhineka Tunggal Ika
b.      Pancasila
c.       UUD 1945
d.      KUHP
e.       GBHN
34.  Upaya ke arah terwujudnya integrasi nasional harus ditumbuhsuburkan oleh seluruh lapisan masyarakat.Contoh dari wujud integrasi nasional adalah ....
a.       menjaga lingkungan sosial
b.      menjaga kelestarian alam
c.       toleransi antar suku bangsa
d.      memperkuat etnosentrisme
e.       membentuk kelompok-kelompok sosial
35.  Salah satu faktor penghambat integrasi nasional adalah ....
a.       putera daerah yang kompeten enggan kembali membangun daerah
b.      budaya daerah lebih maju dibandingkan budaya kota
c.       peningkatan jumlah penduduk yang sulit dikendalikan
d.      ketidaksanggupan daerah dalam mengelola sumber daya alam
e.       ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintah pusat
36.  Di bawah ini yang tidak termasuk faktor pendukung dari integrasi nasional adalah ...
a.       adanya semangat persatuan dan kesatuan dalam suatu bangsa, bahasa, dan tanah air Indonesia
b.      adanya kepribadian dan pandangan hidup kebangsaan yang sama, yaitu Pancasila.
c.       adanya jiwa dan semangat gotong royong, solidaritas, dan toleransi keagamaan yang kuat.
d.      adanya rasa senasib sepenanggungan akibat penjajahan yang diderita.
e.       adanya kebebasan dalam menggunakan bahasa
37.  Integrasi nasional dapat diwujudkan dalam kehidupan masyarakat majemuk, apabila ...
a.       masyarakat mempunyai hak dan kewajiban yang sama
b.      cara berpikiran anggota masyarakat yang relatif sama
c.       pola dan gaya hidup masyarakat seragam
d.      keseimbangan dalam bermasyarakat dipelihara
e.       para pemimpin dapat menyalurkan aspirasi masyarakat
38.  Dibawah ini yang tidak termasuk contoh disitegrasi di lingkungan sekolah adalah ...
a.       adanya sekelompok siswa yang hanya mementingkan kelompoknya (geng).
b.      adanya sikap melawan guru (pemberontak)
c.       menerapkan hasil belajar pada kehidupan di sekolah
d.      suka membully teman.
e.       tidak berjalannya tata tertib sekolah dengan sebagai mana mestinya.
39.  Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1)      Mengikuti seluruh kegiatan sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
2)      Mewujudkan dan memelihara ketertiban, keamanan, keindahan, kekeluargaan dan kerindangan
3)      Memakai pakaian sesuai kehendak sendiri
4)      Memberi keterangan izin/sakit/berhalangan yang sah.
5)      Membantu teman yang kesulitan dalam belajar pada saat ujian
Dari beberapa pernyaan di atas yang termasuk bukti konkrit Integrasi di lingkungan sekolah terletak pada poin ...
a.       1 dan 3
b.      2 dan 4
c.       4 dan 5
d.      1 dan 2
e.       3 dan 5
40.  Di bawah ini terdapat beberapa peren masyarakat dalam mewujudkan Integrasi Nasional, kecuali ....
a.       Meminimalkan perbedaan yang dimiliki oleh setiap budaya daerah
b.      Meminimalkan setiap potensi konflik yang timbul
c.       Membentuk kelompok sosial masyarakat
d.      Meningkatkan ketahanan rakyat dalam menghadapi usaha-usaha pemecahbelahan dari ancaman luar
e.       Menanamkan nilai-nilai Pancasila, jiwa sebangsa dan setanah air dan rasa persaudaraan, agar tercipta kekuatan dan kebersamaan di kalangan rakyat Indonesia.

B.     Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
41.  Sebutkan 5 dampak negatif masuknya budaya asing!
42.  Bagaiman hubungan antar budaya lokal dengan budaya asing? Jelaskan!
43.  Sebutkan 3 macam faktor terbentuknya integrasi nasional!
44.  Sebutkan 3 macam faktor penghambat terbentuknya integrasi nasional!

45.  Jelaskan salah satu dari 4 tahapan proses terjadinya integrasi nasional!

VHD FRESH TERBARU VERSI 14.22.7.0 PELAKSANAAN GLADI DAN ANBK UTAMA 2022

 Asesmen Nasional atau biasa disingkat AN adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat ...