ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJILTAHUN PELAJARAN 2016/2017
NAMA
SEKOLAH : SMK BUDI BAKTI
UTAMA
MATA
PELAJARAN : ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS
/ SEMESTER : XII/I
KOMPETENSI
KEAHLIAN: TKJ DAN AP
ALOKASI
WAKTU : 90 Menit
A.
Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda silang ( X )
pada huruf a, b, c, d, atau e !
1.
Kata budaya berasal dari
bahasa sangsekerta yang berarti ….
a. karsa
b. rasa
c. cipta
|
d. akal
e. karya
|
2.
Seperangkat asumsi penting
yang dimiliki anggota masyarakat adalah pengertian budaya menurut pendapat ...
a. Clifford Geertz
b. Vijay Sathe
c. Allan Kennedy
|
d. Selo Soemardjan
e. Edgar H. Schein
|
3.
Dalam bahasa Inggris
kebudayaan diterjemahkan dari istilah Culture yang berarti ...
a. mengolah
b. memelihara
c. mempertahankan
|
d. membuat
e. menjaga
|
4.
Dari semua pernyataan
berikut yang tidak sesuai dengan karakteristik kebudayaan adalah …
a. kebudayaan selalu mengalami perkembangan
b. peradaban berubah secara cepat
c. kebudayaan bersifat dinamis
d. kebudayaan berubah secara lambat
e. tidak ada kebudayaan yang statis
5.
Menurut Soerjono Soekamto budaya asing dapat menimbulkan
pengaruh positif, kecuali ...
a.
perkembangan fashion yang
baik
b.
pembangunan yang semakin berkembang
c.
meningkatnya kesejahteraan dan perekonomian bangsa
d.
perkembangan teknologi dan
pola pikir bangsa
e.
terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur
6.
Di bawah ini yang tidak termasuk unsur budaya adalah ...
a. religi atau kepercayaan
b. mata pencaharian
c. tingkah laku
|
d. bahasa
e. pengetahuan
|
7.
Masyarakat yang hingga kini
masih hidup berburu dan meramu makanan terdapat di pedalaman …
a. Sumatera Utara
b. Jawa Barat
c. Kalimantan Selatan
|
d. Papua
e. Sulawesi
|
8.
Tradisi
batapung tawar adalah sebuah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat ...
a. Sumatera Utara
b. Jawa Barat
c. Kalimantan Selatan
|
d. Papua
e. Sulawesi
|
9.
Tedhak sinten, yaitu tradisi
adat jawa yang merupakan upacara bagi bayi yang usianya 5 – 6 bulan saat
pertama turun ke tanah. Tujuan dari tradisi ini adalah ...
a. agar si anak menjadi kaya
b. agar si anak menjadi sehat dan kuat
c. agar ibunya menjadi sehat
|
d. agar si anak menjadi pribadi yang
mandiri
e. agar si anak cepat berjalan
|
10. Contoh wujud kebudayaan
yang berupa immaterial adalah …
a. Keraton Yogyakarta
b. Keris mpu Gandring
c. Candi Borobudur
|
d. kesenian
e. sistem pengetahuan
|
11.
Sebuah
proses berbaurnya dua atau lebih kebudayaan yang berbeda, kemudian membentuk
kebudayaan baru dan kebudayaan asli hilang oleh perbauran budaya disebut ….
a. difusi
b. akulturasi
c. asimilasi
|
d. subtitusi
e. adisi
|
12.
Suatu
bentuk penambahan unsur kebudayaan yang baru, namun masih menggunakan unsur
kebudayaan yang lama karena dipandang masih memiliki nilai disebut ….
a. difusi
b. akulturasi
c. asimilasi
|
d. subtitusi
e. adisi
|
13. Berikut merupakan
nilai-nilai kebudayaan barat adalah ….
a.
kecanggihan
senjata dan teknologi
b.
keberanian,
kebebasan, dan teknologi
c.
kemandirian,
liberal, dan kebebasan
d.
martabat
manusia, kebebasan, dan teknologi
e.
individual,
kebebasan, dan teknologi
14. Berikut ini merupakan
ciri-ciri yang tampak umum pada kebudayaan daerah, kecuali ….
a. pakaian
b. peralatan rumah tangga
c. perumahan
|
d. ideologi
e. bahasa
|
15. Pengaruh positif budaya asing yang terdapat dalam
kehidupan masyarakat antara lain .....
a. taat kepada aturan agama
b. berpikir ke masa lalu
c. pasrah pada nasib
|
d. mementingkan diri sendiri
e. berorientasi ke masa depan
|
16.
Bentuk
penolakan terhadap unsur kebudayaan asing yang masuk karena dipandang dapat
menimbulkan dampak yang negatif disebut ….
a. originasi
b. dekulturasi
c. rejection
|
d. subtitusi
e. adisi
|
17. Berikut ini adalah
program pemerintah dalam menjaga keselarasan antar budaya yang paling efisien
adalah ….
a. pendidikan
b. transmigrasi
c. otonomii daerah
|
d. penyenggaraan festival
budaya
e. pembentukan lembaga
lintas budaya
|
18. Keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia
dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan
belajar adalah pengertian kebudayaan menurut pendapat ...
a. Clifford Geertz
b. E. B Taylor
c. Vijay Sathe
|
d. Selo Soemardjan
e. Koentjaraningrat
|
19. Di bawah ini merupakan wujud
kebudayaan, kecuali ...
a. abstrak
b. konkret
c. benda
|
d. seni
e. semua salah
|
20. Hal-hal yang tidak mempengaruhi
bereagama budaya di Indonesia adalah ...
a. letak geografis
b. keadaan alam
c. daya beli masyarakat
|
d. kondisi transportasi dan komunikasi
e. sistem religi
|
21. Petani, nelayan, pengrajin dan profesi
lainnya merupakan salah satu ciri keberagaman budaya di Indonesia, hal itu
disebabkan oleh faktor ...
a. letak geografis
b. keadaan alam
c. penerimaan masyarakat
|
d. kondisi transportasi dan komunikasi
e. sistem religi
|
22. Tari Cakaola, merupakan jenis tari pergaulan yang digarap berdasarkan unsur
unsur gerak tari tradisional Orlapei dan Saureka reka. Tarian ini berasal dari daerah ...
a. Sumatera Utara
b. Maluku
c. Kalimantan Selatan
|
d. Papua
e. Sulawesi
|
23. Sikap atau pandangan yang berpangkal
pada masyarakat dan kebudayaan sendiri, biasanya disertai dengan sikap dan
pandangan yang meremehkan masyarakat dan kebudayaan lain disebut ...
a. Multikultural
b. Etnosentrisme
c. Primodialisme
|
d. Rasisme
e. Fanatisme
|
24. Di bawah ini yang tidak termasuk dampak
positif dari keberagaman budaya di Indonesia adalah ...
a. keanekaragaman kebudayaan sangat menarik dan dapat dijadikan objek
pariwisata
b. keanekaragaman budaya daerah dapat membantu meningkatkan
pengembangan kebudayaan nasional
c. banyaknya suku bangsa yang ingin menerapkan hukum adatnya
d. tertanamnya sikap untuk saling menghormati dan menghargai antar suku
yang berbeda
e. keanekaragaman budaya Indonesia menjadi Identitas bangsa di mata
Internasional
25. Berikut adalah kebudayaan
yang dikereasikan untuk memperkaya kebudayaan nasional ….
a. ekonomi maju
b. ilmu pengetahuan
c. teknologi maju
|
d. adat istiadat
e. keterampilan
berorganisasi
|
26. Contoh positif adanya keberagaman budaya yang terdapat
dalam masyarakat terhadap perkembangan budaya nasional yaitu ....
a.
masyarakat
harus toleransi terhadap perbedaan keberagaman kebudayaan
b.
keberaragaman
kebudayaan menjadi dasar untuk modal sosial pembangunan budaya nasional
c.
berbedaan
kebudayaan yang beragam dapat memperkaya budaya nasional
d.
keberanekaragaman
kebudayaan daerah manghambat terwujudnya perkembangan budaya nasional
e.
budaya
nasional dapat tumbuh dan berkembang kalau kebudayaan saling bermusuhan
27. Perhatikan pernyataan berikut :
1)
Toleransi terhadap kelompok
lain yang berbeda kebudayaan
2)
Kesempatan yang sama dalam
bidang ekonomi antar berbagai kelompok
3)
Sikap saling menghargai
orang lain dengan kebudayaan yang berbeda
4)
Sikap terbuka dari golongan
yang berkuasa.
Dari pernyataan di atas,merupakan contoh faktor dari ...
Dari pernyataan di atas,merupakan contoh faktor dari ...
a. asimilasi
b. akulturasi
c. integrasi sosial
|
d. konflik sosial
e. diferensiasi sosial
|
28. Penyatuan
bangsa-bangsa yang berbeda dari suatu masyarakat menjadi suatu keseluruhan yang
lebih utuh atau memadukan masyarakat-masyarakat kecil yang banyak menjadi satu
bangsa. Pernyataan tersebut adalah pengertian Integrasi Nasional menurut ...
a. Nazaruddin Syamsudin
b. E. B Taylor
c. Howard Wriggins
|
d. Myron Wiener
e. Koentjaraningrat
|
29. Proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda
sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat adalah
arti integrasi nasional secara ....
a. hukum
b. para ahli
c. polititis
|
d. ideologis
e. antropologis
|
30. Di bawah ini terdapat macam-macam
Integrasi Nasional, kecuali ...
a. integrasi normatif
b. integrasi fungsional
c. integrasi intrumental
|
d. integrasi politis
e. integrasi ideologis
|
31. Adanya suatu persamaan
nilai-nilai yang mendasar yang terbentuk oleh kehendak sendiri dan bukan atas
dasar adanya suatu ikatan atau paksaan.pernyataan tersebut merupakan salah satu
ciri dari ...
a. integrasi normatif
b. integrasi fungsional
c. integrasi intrumental
|
d. integrasi politis
e. integrasi ideologis
|
32. Salah satu unsur yang dapat menunjang terwujudnya
integrasi nasional adalah ....
a.
selalu
merayakan hari-hari besar agama
b.
memperingati
hari besar nasional dengan khidmat
c.
menghilangkan
semua perbedaan yang ada di Indonesia
d.
menolak
segala sesuatu yang berasal dari luar negeri
e.
melestarikan
kebudayaan daerah masing-masing
33. yang
menjadi dasar terwujudnya integrasi nasional adalah ...
a. Bhineka Tunggal Ika
b. Pancasila
c. UUD 1945
|
d. KUHP
e. GBHN
|
34. Upaya ke arah terwujudnya integrasi nasional harus
ditumbuhsuburkan oleh seluruh lapisan masyarakat.Contoh dari wujud integrasi
nasional adalah ....
a. menjaga lingkungan sosial
b. menjaga kelestarian alam
c. toleransi antar suku bangsa
|
d. memperkuat etnosentrisme
e. membentuk kelompok-kelompok sosial
|
35. Salah satu faktor penghambat integrasi nasional adalah
....
a.
putera
daerah yang kompeten enggan kembali membangun daerah
b.
budaya
daerah lebih maju dibandingkan budaya kota
c.
peningkatan
jumlah penduduk yang sulit dikendalikan
d.
ketidaksanggupan
daerah dalam mengelola sumber daya alam
e. ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintah pusat
36. Di bawah ini yang tidak termasuk faktor pendukung dari integrasi
nasional adalah ...
a.
adanya semangat persatuan
dan kesatuan dalam suatu bangsa, bahasa, dan tanah air Indonesia
b.
adanya kepribadian dan
pandangan hidup kebangsaan yang sama, yaitu Pancasila.
c.
adanya jiwa dan semangat
gotong royong, solidaritas, dan toleransi keagamaan yang kuat.
d.
adanya rasa senasib
sepenanggungan akibat penjajahan yang diderita.
e.
adanya
kebebasan dalam menggunakan bahasa
37. Integrasi nasional dapat diwujudkan dalam kehidupan masyarakat
majemuk, apabila ...
a. masyarakat mempunyai hak dan kewajiban yang sama
b. cara berpikiran anggota masyarakat yang relatif sama
c. pola dan gaya hidup masyarakat seragam
d. keseimbangan dalam bermasyarakat dipelihara
e. para pemimpin dapat menyalurkan aspirasi masyarakat
38. Dibawah ini yang tidak termasuk contoh
disitegrasi di lingkungan sekolah adalah ...
a.
adanya
sekelompok siswa yang hanya mementingkan kelompoknya (geng).
b.
adanya sikap
melawan guru (pemberontak)
c.
menerapkan
hasil belajar pada kehidupan di sekolah
d.
suka membully
teman.
e.
tidak
berjalannya tata tertib sekolah dengan sebagai mana mestinya.
39. Perhatikan
pernyataan di bawah ini!
1)
Mengikuti
seluruh kegiatan sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
2)
Mewujudkan
dan memelihara ketertiban, keamanan, keindahan, kekeluargaan dan kerindangan
3)
Memakai
pakaian sesuai kehendak sendiri
4)
Memberi
keterangan izin/sakit/berhalangan yang sah.
5)
Membantu
teman yang kesulitan dalam belajar pada saat ujian
Dari beberapa
pernyaan di atas yang termasuk bukti konkrit Integrasi di lingkungan sekolah
terletak pada poin ...
a. 1 dan 3
b. 2 dan 4
c. 4 dan 5
|
d. 1 dan 2
e. 3 dan 5
|
40. Di bawah ini terdapat beberapa peren masyarakat dalam mewujudkan
Integrasi Nasional, kecuali ....
a. Meminimalkan perbedaan yang dimiliki oleh setiap budaya daerah
b. Meminimalkan setiap potensi konflik yang timbul
c. Membentuk kelompok sosial
masyarakat
d. Meningkatkan ketahanan rakyat dalam menghadapi usaha-usaha pemecahbelahan
dari ancaman luar
e. Menanamkan nilai-nilai Pancasila, jiwa sebangsa dan setanah air
dan rasa persaudaraan, agar tercipta kekuatan dan kebersamaan di kalangan
rakyat Indonesia.
B. Jawablah pertanyaan
di bawah ini dengan tepat!
41. Sebutkan 5 dampak
negatif masuknya budaya asing!
42. Bagaiman hubungan antar
budaya lokal dengan budaya asing? Jelaskan!
43. Sebutkan 3 macam faktor
terbentuknya integrasi nasional!
44. Sebutkan 3 macam faktor
penghambat terbentuknya integrasi nasional!
45. Jelaskan salah satu
dari 4 tahapan proses terjadinya integrasi nasional!