S I L A B U S
NAMA SEKOLAH : SMK BUDI BAKTI UTAMAMATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)KELAS/SEMESTER : X/1STANDAR KOMPETENSI : Memahami Kehidupan Sosial ManusiaKODE KOMPETENSI : 1ALOKASI WAKTU : 10 X 45 menit
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1 Mengidentifikasi
interaksi sebagai proses sosial
|
§ Interaksi sosial dijelaskan
berdasarkan pengertiannya
§ Proses sosial dijelaskan
berdasarkan pengertiannya
§ Interaksi
sosial diidentifikasi menurut syarat-syaratnya
|
·
Pengertian interaksi sosial
·
Pengertian proses sosial
·
Syarat interaksi sosial
|
§ Mengkaji
referensi mengenai interaksi sosial berdasarkan pengertiannya
§ Mengkaji
referensi mengenai proses sosial berdasarkan pengertiannya
§ Berdiskusi
kelas tentang syarat interaksi sosial
|
§
Tes lisan
§
Tes tertulis
§
Pengamatan
|
4
|
-
|
-
|
§ Modul
IPS
§ LKS
IPS
§ Internet
|
1.2 Mendeskripsikan
sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
|
§ Sosialisasi dijelaskan
berdasarkan pengertiannya
§ Sosialisasi
diidentifikasi menurut media yang dilalui
§ Pembentukan
kepribadian dideskripsikan menurut
faktor-faktor yang mempengaruhinya
|
·
Pengertian sosialisasi
·
Media sosialisasi
·
Faktor-faktor yang mempengaruhi
pembentukan kepribadian
|
§ Berdiskusi
kelas tentang sosialisasi berdasarkan pengertiannya
§ Tugas
kelompok mengenai sosialisasi menurut media yang dilalui
§ Berdiskusi
tentang pembentukan kepribadian
menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
|
·
Tes lisan
·
Tes tertulis
·
Performansi
·
Pengamatan
·
Portofolio
|
4
|
-
|
-
|
|
1.3 Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial
|
·
Interaksi primer diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di
lingkungan sekitar
·
Interaksi sekunder
diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
|
·
Interaksi primer
·
Interaksi sekunder
|
·
Mengamati tentang interaksi primer berdasarkan fenomena sosial di
lingkungan sekitar
·
Tanya jawab tentang interaksi
sekunder berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
|
·
Tes lisan
·
Tes tertulis
·
Portofolio
·
Pengamatan
|
2
|
-
|
-
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Atep Jalaludin, M.Pd.I
NUPTK.
|
Padalarang, 18 Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
Yagus Taofik, S.Ag., M.Pd.I
NUPTK. 5145753653200003
|
S I L A B U S
NAMA SEKOLAH : SMK BUDI BAKTI UTAMA
MATA PELAJARAN :
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER :
X/1
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
2.1
Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta
pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
|
·
Proses
perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dijelaskan berdasarkan
pengaruh yang ditimbulkan di berbagai daerah
|
·
Latar belakang kedatangan orang-orang Eropa
di dunia Timur
·
Masuknya kekuatan asing di Nusantara
melalui kongsi perdagangan, perluasan kolonialisme dan imperialisme Barat
serta terbentuknya pemerintahan Hindia-Belanda, Sistem Tanam paksa, Sistem
Politik Pintu Terbuka dan Politik Etis
·
Dampak
sosial, ekonomi, politik, dan budaya akibat kolonialisme dan imperialisme
Barat di Nusantara
·
Perlawanan
rakyat dan kerajaan-kerajaan di Nusantara dalam menentang kolonialisme dan
imperialisme Barat
|
·
Mendiskusikan
latar belakang kedatangan orang-orang Eropa di dunia Timur
·
Mencari
sumber informasi tentang masuknya kekuatan asing di Nusantara melalui kongsi
perdagangan perluasan kolonialisme dan imperialisme Barat serta terbentuknya pemerintahan Hindia-Belanda,
Sistem Tanam Paksa, Sistem Politik Pintu Terbuka dan Politik Etis
·
Mengidentifikasi
dampak sosial, ekonomi,politik dan budaya akibat kolonialisme dan
imperialisme di Nusantara
·
Berdiskusi
kelas mengenai perlawanan rakyat dan kerajaan-kerajaan di Nusantara dalam
menentang kolonialisme dan imperialisme
|
· Tes
tertulis
· Tes
lisan
· Observasi
· Performan-si
· Portofolio
|
14
|
-
|
-
|
§ Modul
IPS
§ LKS
IPS
§ Internet
|
2.2 Menguraikan proses terbentuknya
kesadaran nasional, identitas Indonesia dan pergerakan kebangsaan Indonesia
|
· Proses terbentuknya kesadaran
nasional, identitas nasional, identitas
|
·
Faktor-faktor yang melatarbelakangi munculnya
pergerakan nasional di Indonesia (faktor internal dan eksternal)
·
Perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional
·
Bentuk dan strategi organisasi pergerakan Nasional Indonesia
·
Gagasan persatuan dan kesatuan bangsa
serta terbentuknya identitas kebangsaan Indonesia
|
· Mendiskusikan faktor-faktor yang melatarbelakangi
pergerakan nasional di Indonesia (faktor internal dan eksternal)
· Mendiskusikan perkembangan pendidikan dan awal
munculnya kesadaran nasional
·
Menganalisis bentuk dan strategi organisasi pergerakan Nasional
Indonesia
· Mendiskusikan gagasan
persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan
Indonesia
|
· Tes tertulis
· Tes lisan
· Performan-si
· Portofolio
|
8
|
-
|
-
|
§ Modul
IPS
§ LKS
IPS
§ Internet
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Atep Jalaludin, M.Pd.I
NUPTK.
|
Padalarang, 18 Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
Yagus Taofik, S.Ag., M.Pd.I
NUPTK. 5145753653200003
|
S I L A B U S
NAMA SEKOLAH :
SMK BUDI
BAKTI UTAMA
MATA PELAJARAN :
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER :
X/2
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
3.1
Mengidentifikasi kebutuhan manusia
|
§ Kebutuhan manusia dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
§ Kebutuhan manusia diindentifikasikan sesuai dengan macamnya
· Faktor
yang mempengaruhi kebutuhan diidentifikasi sesuai dengan sifatnya
|
Kebutuhan Manusia
· Pengertian Kebutuhan
· Macam-macam kebutuhan
· Faktor yang mempengaruhi
kebutuhan
|
· Mencari
informasi tentang : pengertian kebutuhan, macam-macam kebutuhan manusia
melalui berbagai macam sumber.
· Mendiskusikan
secara berkelompok bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah tempat tinggal
siswa.
· Mendiskusikan
secara berkelompok faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan di daerah tempat
tinggal siswa.
|
·
Tes lisan
·
Tes tertulis
·
Pengamatan
|
2
|
-
|
-
|
§ Modul
IPS
§ LKS
IPS
§ Internet
|
3.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan
kebutuhan manusia yang tidak terbatas
|
· Benda
pemuas kebutuhan manusia diidentifikasi sesuai dengan jenis dan kegunaannya
· Kelangkaan dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
|
· Jenis-jenis
dan kegunaan benda pemuas kebutuhan manusia
·
Pengertian kelangkaan
|
·
Mendiskusikan secara berkelompok mengenai jenis dan kegunaan benda
pemuas kebutuhan manusia serta contoh-contohnya dari berbagai sumber
· Mendiskusikan
arti dan faktor penyebab kelangkaan di daerah
setempat dan sekitarnya.
|
·
Tes tertulis
·
Tes lisan
·
Pengamatan
· Penugasan
|
4
|
-
|
-
|
§ Modul
IPS
§ LKS
IPS
§ Internet
|
· Kelangkaan diidentifikasikan
sesuai dengan faktor-faktor penyebabnya.
· Biaya
peluang diidentifikasikan sesuai dengan pengertiannya
· Contoh
biaya peluang ditunjukkan sesuai dengan penyebabnya
|
·
Faktor penyebab kelangkaan
· Pengertian biaya peluang.
·
Contoh biaya peluang pada kesempatan kerja.
|
·
Mendiskusikan kegiatan pemilihan pemuasan kebutuhan untuk menemukan
konsep biaya peluang.
·
Mendiskusikan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila
melakukan produksi di bidang lain
|
||||||
3.3
Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu
tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi
|
§ Barang dan jasa diidentifikasi kan sesuai dengan apa, bagaimana, dan
untuk siapa barang dan jasa diproduksi
·
Sistem ekonomi dideskripsikan
sesuai dengan pengertiannya
·
Sistem ekonomi dideskripsikan
sesuai dengan macamnya
·
Sistem ekonomi
diidentifikasikan sesuai dengan
caranya dalam memecahkan masalah ekonom
|
Masalah
Pokok Ekonomi :
· Barang apa yang diproduksi.
· Bagaimana cara memproduksi.
· Untuk siapa barang diproduksi.
Sistem ekonomi :
· Pengertian Sistem ekonomi
· Macam-macam sistem ekonomi
· Kebaikan
dan kelemahan sistem ekonomi.
· Cara
memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut.
|
· Mendiskusikan masalah pokok ekonomi : apa, bagaimana, dan untuk siapa
barang dan jasa diproduksi.
· Mengidentifikasi
barang dan jasa apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang dan
jasa diproduksi melalui studi lapangan pada produsen barang dan jasa
· Mengkaji
referensi tentang sistem ekonomi : pengertian, macam, dan kebaikan-kelemahan
· Mendiskusikan cara sistem ekonomi dalam memecahkan
masalah ekonomi melalui contoh-contoh di berbagai negara
|
·
Tes tertulis
·
Tes lisan
·
Pengamatan
·
Penugasan
|
4
|
-
|
2(8)
|
§ Modul
IPS
§ LKS
IPS
§ Internet
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Atep Jalaludin, M.Pd.I
NUPTK.
|
Padalarang, 18 Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
Yagus Taofik, S.Ag., M.Pd.I
NUPTK. 5145753653200003
|
S I L A B U S
NAMA SEKOLAH : SMK BUDI BAKTI UTAMA
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
(IPS)
KELAS/SEMESTER : XI/1
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||||
4.1 Mendeskripsikan
berbagai kegiatan ekonomi dan pelaku-pelakunya
|
· Kegiatan
produksi, distribusi, dan konsumsi dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
· Pelaku-pelaku ekonomi
diidentifikasi sesuai dengan peran dan pola interaksi diantara mereka
|
· Produksi, distribusi, dan
konsumsi sebagai kegiatan ekonomi utama :
-
Pengertian dan tujuan produksi,
distribusi, dan konsumsi.
- Fungsi produksi dan distribusi
·
Pelaku-pelaku ekonomi :
-
Produsen, konsumen, pemerintah,
masyarakat luar negeri.
· Peran
dan pola interaksi pelaku ekonomi
|
· Mendiskusikan secara
berkelompok tentang beberapa benda yang ada dikelas dalam kaitannya
dengan kegiatan produksi, konsumsi,
dan distribusi.
· Mengkaji
referensi tentang pelaku-pelaku ekonomi : peran dan pola interaksi diantara mereka.
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· Pengamatan
|
2
|
-
|
-
|
§ Modul
IPS
§ LKS
IPS
§ Internet
|
||
4.2 Membedakan
prinsip ekonomi dan motif ekonomi
|
· Motif
ekonomi dideskripsikan sesuai dengan fungsinya sebagai landasan kegiatan
ekonomi
· Contoh
tindakan manusia dideskripsikan sesuai dengan prinsip ekonomi
|
·
Prinsip ekonomi
·
Berbagai motif ekonomi
|
·
Menggali informasi tentang pengertian prinsip ekonomi dan motif
ekonomi dan macamnya melalui studi pustaka
|
·
Tes lisan
·
Penugasan
|
2
|
-
|
-
|
§ Modul
IPS
§ LKS
IPS
§ Internet
|
||
4.3 Mendeskripsikan
perilaku konsumen dan produsen
|
§ Manfaat
dan nilai suatu barang dideskripsikan sesuai dengan macamnya
§ Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dideskripsikan sesuai
dengan pembagiannya.
§ Perilaku konsumsi diuraikan sesuai dengan macamnya.
|
Perilaku
konsumen dan produsen
· Manfaat dan nilai suatu barang
· Perilaku konsumen
· Perilaku produsen
|
§ Membahas
manfaat dan nilai suatu barang dan contoh-contohnya
§ Mendiskusikan
faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan produsen melalui studi
pustaka
§ Mendiskusikan
secara berkelompok mengenai perilaku konsumen dan produsen
|
· Tes
tertulis
· Tes
lisan
· Penugasan
|
2
|
-
|
-
|
§ Modul
IPS
§ LKS
IPS
§ Internet
|
||
4.4
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
|
· Permintaan dan penawaran dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
· faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran dideskripsikan
sesuai dengan jenisnya
· kurva permintaan dan penawaran digambarkan sesuai
dengan contoh-contoh yang ada.
|
Permintaan
dan Penawaran
· Pengertian
permintaan dan kurva permintaan.
·
Faktor yang
mempengaruhi permintaan.
· Pengertian penawaran dan kurva
penawaran
· Faktor yang mempengaruhi penawaran
|
·
Menggali informasi untuk menemukan arti permintaan dan
penawaran.
· Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan
penawaran terhadap barang (misal lewat kliping koran).
· Menggambar
kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur
menjelang dan sesudah hari raya).
|
·
Tes
tertulis
·
Tes
lisan
·
Penugasan
|
2
|
-
|
-
|
§ Modul
IPS
§ LKS
IPS
§ Internet
|
||
4.5 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran
serta asumsi yang mendasarinya
|
§ hukum permintaan dan hukum penawaran dideskripsikan sesuai dengan
asumsi-asumsi yang mendasari
§ contoh penerapan hukum permintaan dan hukum penawaran ditunjukkan sesuai
dengan kejadian dalam kehidupan di masyarakat.
§ Fungsi penawaran dan fungsi permintaan dideskripsikan
sesuai dengan pencermatan pada kurva
|
·
Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran
·
Fungsi Permintaan dan fungsi penawaran
|
· Menemukan
hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya melalui pengkajian
referensi.
· Mendiskusikan
penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan di
masyarakat (misal : lewat media koran).
·
Menemukan fungsi permintaan dan penawaran
melalui pencermatan kurva permintaan
dan penawaran terhadap barang (misal jeruk pontianak).
|
· Tes
tertulis
· Tes lisan
|
4
|
-
|
-
|
§ Modul
IPS
§ LKS
IPS
§ Internet
|
||
4.6 Mendeskripsikan pengertian harga keseimbangan dan elastisitas
|
§ Terbentuknya harga keseimbangan dideskripsikan sesuai dengan prosesnya
§ proses
terbentuknya harga keseimbangan
dideskripsikan dengan menggunakan tabel dan gambar grafik
§ Pergeseran
titik keseimbangan dideskripsikan sesuai dengan sebab-sebabnya.
§ elastisitas dideskripsikan sesuai dengan pengertian dan macam-macamnya
§ elastisitas
permintaan dan penawaran dihitung
dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
|
· Pengertian Harga Keseimbangan
· Menentukan harga keseimbangan
· Pergeseran titik keseimbangan
· Pengertian
elastisitas dan macam- macamnya.
· Menentukan
Elastisitas permintaan dan penawaran
|
·
Mendiskusikan proses terbentuknya harga keseimbangan dari suatu transaksi jual beli.
· Menentukan
harga keseimbangan dengan menggunakan
tabel, dan grafik
· Mengkaji
referensi untuk merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam
elastisitas (misal : barang-barang elektronik
dan barang kebutuhan pokok ).
· Menghitung
elastisitas permintaan dan penawaran
dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
|
·
Tes tertulis
·
Tes lisan
·
Penugasan
|
4
|
-
|
-
|
§ Modul
IPS
§ LKS
IPS
§ Internet
|
||
4.7 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang dan
jasa
|
§ berbagai pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan
tidak sempurna)dideskripsikan sesuai dengan bentuknya
§ contoh nyata berbagai bentuk pasar dideskripsikan sesuai dengan bentuknya
|
Pasar
output
· Pengertian pasar barang dan
jasa
· Bentuk-bentuk Pasar barang (pasar output)
|
·
Melakukan kajian
referensi
untuk mendeskripsikan pengertian dan bentuk-bentuk pasar barang dan jasa
·
Menggali
informasi mengenai contoh-contoh kongkrit yang ada di lingkungan dari tiap
bentuk pasar melalui kunjungan lapangan
|
·
Tes tertulis
·
Tes lisan
·
Pengamatan
·
Penugasan
|
2
|
-
|
2(8)
|
§ Modul
IPS
§ LKS
IPS
§ Internet
|
||
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Atep Jalaludin, M.Pd.I
NUPTK.
|
Padalarang, 18 Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
Yagus Taofik, S.Ag., M.Pd.I
NUPTK. 5145753653200003
|
S I L A B U S
NAMA SEKOLAH : SMK BUDI
BAKTI UTAMA
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
(IPS)
KELAS/SEMESTER : XI/2
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
5.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur
sosial dalam fenomena kehidupan
|
§ Struktur
sosial dijelaskan berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya
§ Struktur
sosial dideskripsikan menurut fungsi dan bentuk-bentuknya
|
·
Pengertian dan ciri struktur sosial
·
Fungsi dan bentuk-bentuk struktur sosial
|
§ Menggali informasi tentang
struktur sosial berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya.
§ Berdiskusi
tentang struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-bentuknya
|
·
Tes tertulis
·
Pengamatan
|
4
|
-
|
-
|
§ Buku-buku sosiologi
§ Buku-buku pegangan sosiologi
SLTA
§ Koran
§ Gambar/
kliping
§ Lingkungan sosial sekitar
|
5.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial
dalam masyarakat
|
§ Konflik sosial dijelaskan
menurut pengertiannya
§ Konflik
sosial diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
§ Konflik
sosial diidentifikasi berdasarkan bentuk pengendaliannya
§ Konflik sosial dianalisis
berdasarkan dampak yang muncul
|
·
Pengertian konflik sosial
·
Faktor-faktor penyebab konflik sosial
·
Bentuk pengendalian konflik sosial
·
Dampak konflik sosial
|
§ Menggali
informasi tentang konflik sosial menurut pengertiannya
§ Berdiskusi
kelompok tentang konflik sosial berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
§ Berdiskusi
kelas tentang konflik sosial berdasarkan bentuk pengendaliannya
§ Tugas
individu tentang konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul
|
·
Tes lisan
·
Tes tertulis
·
Pengamat-an
·
Portofolio
|
8
|
-
|
-
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Atep Jalaludin, M.Pd.I
NUPTK.
|
Padalarang, 18 Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
Yagus Taofik, S.Ag., M.Pd.I
NUPTK. 5145753653200003
|
S I L A B U S
NAMA SEKOLAH : SMK BUDI
BAKTI UTAMA
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
(IPS)
KELAS/SEMESTER : XII/1
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
6. 1 Mendeskripsikan
berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
§ Kelompok sosial dijelaskan
berdasarkan pengertiannya
§ Masyarakat
multikultural dideskripsikan berdasarkan pengertiannya
§ Kelompok
sosial dan masyarakat multikultural dideskripsikan menurut hubungan yang ada
|
·
Pengertian kelompok sosial
·
Pengertian masyarakat multikultural
·
Hubungan kelompok sosial dengan
masyarakat multikultural
|
§ Mengkaji
referensi tentang kelompok sosial berdasarkan pengertiannya
§ Berdiskusi
tentang masyarakat multikultural berdasarkan pengertiannya
§ Berdiskusi
tentang hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural
|
·
Tes tertulis
·
Pengamat-an
|
6
|
-
|
-
|
§ Buku-buku sosiologi
§ Buku-buku antropologi
§ Buku-buku
pegangan sosiologi & antropologi SLTA
§ Koran
§ Gambar/
kliping
§ Lingkungan sosial sekitar
|
6. 2 Mendeskripsikan
perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
§ Masyarakat
multikultural dideskripsikan menurut faktor penyebabnya
§ Masyarakat
multikultural di Indonesia diidentifikasi berdasarkan karakteristiknya
|
·
Faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural
·
Karakteristik masyarakat
multikultural di Indonesia
|
§ Tugas
kelompok tentang masyarakat multikultural menurut faktor penyebabnya
§ Berdiskusi
kelas tentang masyarakat multikultural di Indonesia berdasarkan karakteristiknya
|
·
Tes tertulis
·
Pengamatan
·
Portofolio
|
6
|
-
|
-
|
|
6. 3 Mendeskripsikan
keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
·
Solidaritas mekanik dan
solidaritas organik dijelaskan menurut pendapat Durkheim
·
Gemeinschaft dan gesselschaft
dijelaskan menurut pendapat
F. Tonnies
Kelompok primer dan kelompok sekunder dijelaskan
menurut pendapat C.H. Cooley dan E. Farris
·
In-group dan out-group dijelaskan menurut pendapat W.G. Sumner
|
·
Solidaritas mekanik dan
solidaritas organik
·
Gemeinschaft dan gesselschaft
·
Kelompok primer dan kelompok sekunder
·
In-group dan out-group
|
Berdiskusi
dan tugas kelompok tentang kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural menurut beberapa tokoh sosiologi
|
·
Tes tertulis
·
Performansi
·
Pengamatan
·
Portofolio
|
8
|
-
|
-
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Atep Jalaludin, M.Pd.I
NUPTK.
|
Padalarang, 18 Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
Yagus Taofik, S.Ag., M.Pd.I
NUPTK. 5145753653200003
|
S I L A B U S
NAMA SEKOLAH : SMK BUDI
BAKTI UTAMA
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
(IPS)
KELAS/SEMESTER : XII/2
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
7. 1Mengidentifikasi
berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan hubungan antarbudaya
|
§ Budaya
dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya
§ Budaya dijelaskan berdasarkan
unsur-unsurnya
§ Budaya
lokal di Indonesia diidentifikasi berdasarkan macam-macamnya
§ Masuknya
budaya asing diidentifikasi melalui dampak yang ditimbulkan
§ Budaya
diidentifikasi berdasarkan hubungannya antarbudaya
|
·
Pengertian budaya dan budaya lokal
·
Unsur-unsur budaya
·
Macam-macam budaya lokal di Indonesia
·
Dampak masuknya budaya asing
·
Hubungan antarbudaya
|
§ Menyimak
tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya
§ Berdiskusi
tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia
§ Diskusi
kelompok tentang dampak masuknya budaya asing
§ Tugas
kelompok tentang hubungan antarbudaya
|
·
Tes lisan
·
Tes tertulis
·
Performansi
·
Pengamat-an
·
Portofolio
|
10
|
-
|
-
|
§ Buku-buku antropologi
§ Buku-buku
pegangan antropologi SLTA
§ Koran
§ Gambar/ kliping
§ Lingkungan sosial & alam
sekitar
§ Benda-benda budaya
|
7. 2Mendeskripsikan
potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya
dengan budaya nasional
|
·
Keberagaman budaya
diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
·
Keberagaman budaya dianalisis berdasarkan manfaatnya
·
Contoh-contoh budaya lokal dideskripsikan sesuai kondisi masyarakat setempat
|
·
Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
·
Manfaat keberagaman budaya
Contoh-contoh
budaya lokal di masyarakat setempat
|
·
Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor
penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya
·
Tugas individu tentang contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat
|
·
Tes tertulis
·
Pengamatan
·
Portofolio
|
8
|
-
|
-
|
|
7. 3Mengidentifikasi
berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya
|
·
Keberagaman budaya dijelaskan
berdasarkan masalah-masalah yang muncul
·
Integrasi nasional
dideskripsikan berdasarkan kepentingan dalam NKRI
§ Menjaga
keselarasan antarbudaya diidentifikasi berdasarkan peran pemerintah dan
masyarakat
|
·
Masalah-masalah yang muncul
akibat keberagaman budaya
·
Pentingnya integrasi nasional
·
Peran masyarakat dalam menjaga
keselarasan antarbudaya
·
Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan
antarbudaya
|
·
Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman
budaya
·
Menyimak informasi tentang pentingnya
integrasi nasional berdasarkan NKRI
§ Berdiskusi
kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan
antarbudaya
|
·
Tes lisan
·
Tes tertulis
·
Pengamatan
|
8
|
-
|
-
|
|
7. 4Menunjukkan
sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya
|
·
Menghargai budaya orang lain
ditunjukkan dalam sikap sehari-hari
§ Menjaga
dan melestarikan budaya lokal ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menghargai budaya orang lain
·
Menjaga dan melestarikan budaya
lokal
|
·
Simulasi tentang menghargai budaya orang lain
·
Bermain peran tentang menjaga
dan melestarikan budaya lokal
|
·
Tes lisan
·
Pengamatan
·
Skala sikap
·
Wawancara
|
6
|
-
|
-
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Atep Jalaludin, M.Pd.I
NUPTK.
|
Padalarang, 18 Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
Yagus Taofik, S.Ag., M.Pd.I
NUPTK. 5145753653200003
|
No comments:
Post a Comment