KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN
2016/2017
Nama Sekolah : SMK BUDI BAKTI UTAMA Jumlah soal : 45 butir
Mata pelajaran : IPS Bentuk soal : Pilihan Ganda & Essay
Kurikulum :
KTSP Alokasi waktu : 90 menit
No
|
Kompetensi Dasar
|
Kls / Smt
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Nmr Soal
|
Ket
|
1
|
1.1 Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
|
X/1
|
·
Interaksi Sosial
|
Siswa dapat menyebutkan pengertian
interaksi sosial menurut para ahli
|
1
|
PG
|
2
|
1.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan
kepribadian
|
X/1
|
·
Sosialisasi dan proses
pembentukan kepribadian
|
Siswa dapat menyebutkan
pengertian sosialisasi
|
2
|
PG
|
3
|
1.3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
|
X/1
|
·
Interaksi primer dan sekunder
|
· Siswa
dapat menyebutkan bentuk-bentuk
interaksi sosial
· Siswa
dapat menyebutkan perbedaan Interaksi primer dan sekunder
|
3
41
|
PG
Essay
|
4
|
2.1 Menjelaskan
proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta pengaruh yang
ditimbulkannya di berbagai daerah
|
X/1
|
·
Menganalisis latar belakang
kedatangan orang-orang Eropa di dunia timur
|
Siswa dapat menyebutkan latar belakang
kedatangan orang-orang Eropa
|
4
|
PG
|
5
|
2.2 Menguraikan
proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia dan pergerakan
kebangsaan Indonesia
|
X/1
|
·
Faktor-faktor yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional di Indonesia
(faktor internal dan eksternal)
|
Siswa dapat menyebutkan dampak positif pelaksanaan politik Etis
|
5
|
PG
|
6
|
3.1 Mengidentifikasi
kebutuhan manusia
|
X/2
|
·
Faktor yang mempengaruhi kebutuhan
|
Siswa dapat menyebutkan
masalah pokok kebutuhan manusia
|
6
|
PG
|
7
|
3.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan
kebutuhan manusia yang tidak terbatas
|
X/2
|
·
Faktor penyebab kelangkaan
|
Siswa dapat menyebutkan faktor penyebab kelangkaan
|
7
|
PG
|
8
|
3.3 Mengidentifikasi
masalah pokok ekonomi, yaitu tentang
apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi
|
X/2
|
·
Masalah Pokok Ekonomi
|
Siswa dapat menyebutkan masalah pokok ekonomi
|
8
|
PG
|
9
|
4.1 Mendeskripsikan berbagai kegiatan ekonomi dan
pelaku-pelakunya
|
XI / 1
|
·
Produksi, Distribusi, dan Konsumsi sebagai kegiatan ekonomi utama
|
Siswa dapat menyebutkan
tujuan produksi
|
9
|
PG
|
10
|
4.2 Membedakan prinsip ekonomi dan motif ekonomi
|
XI / 1
|
·
Prinsip dan Motif ekonomi
|
· Siswa
dapat menyebutkan tujuan prinsip ekonomi
· Siswa
dapat menyebutkan macam-macam motif ekonomi
|
10
42
|
PG
Essay
|
11
|
4.3 Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen
|
XI / 1
|
·
Perilaku konsumen dan produsen
|
· Siswa
mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku produsen
· Siswa
mengetahui perilaku produsen yang merugiakan
|
11
12
|
PG
PG
|
12
|
4.4 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
dan penawaran
|
XI / 1
|
·
Faktor-faktor yang mempengaruhi Permintaan dan Penawaran
|
Siswa mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
|
13
|
PG
|
13
|
4.5 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum
penawaran serta asumsi yang mendasarinya
|
XI / 1
|
·
Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran
|
Siswa mengetahui grafik
kurva permintaan
|
14
|
PG
|
14
|
4.6 Mendeskripsikan pengertian harga
keseimbangan dan elastisitas
|
XI / 1
|
·
Pengertian elastisitas dan
macam- macamnya
|
Siswa mengetahui konsep
elastisitas
|
15
|
PG
|
15
|
4.7 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar
barang dan jasa
|
XI / 1
|
· Bentuk-bentuk Pasar barang (pasar output)
|
Siswa dapat menyabutkan berbagai bentuk pasar barang dan jasa
|
16
|
PG
|
16
|
5.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam
fenomena kehidupan
|
XI / 2
|
·
Pengertian dan ciri struktur sosial
|
· Siswa
dapat menyebutkan pengertian struktur sosial
· Siswa
mengetahui bentuk-bentuk struktur sosial
· Siswa
mengetahui ciri -ciri struktur sosial
· Siswa
dapat menyebutkan dampak dari stratifikasi sosial
|
17
18
19
43
|
PG
PG
PG
Essay
|
17
|
5.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam
masyarakat
|
XI / 2
|
·
Faktor-faktor penyebab konflik sosial
|
Siswa mengetahui faktor penyebab konflik sosial
|
20
|
PG
|
18
|
6.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural
|
XII/1
|
·
Pengertian kelompok sosial
·
Pengertian masyarakat multikultural
·
Hubungan kelompok sosial dengan
masyarakat multikultural
|
· Siswa
dapat menyebutkan pengertian kelompok sosial menurut para ahli
· Siswa
dapat menyebutkan ciri-ciri kelompok sosial
· Siswa
mengetahui penyebab kecemburuan sosial
· Siswa
dapat menyebutkan penyebab timbulnya kelompok sosial
· Siswa
dapat menyebutkan pengertian masyarakat
multikultural
· Siswa
dapat menyebutkan faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural di
Indonesia
· Siswa
mengetahui hubungan kelompok sosial
dalam masyarakat multikultural
|
21
22
23
44
24
25
26
|
PG
PG
PG
Essay
PG
PG
PG
|
19
|
6.2 Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural
|
XII/1
|
·
Karakteristik masyarakat
multikultural di Indonesia
|
· Siswa
dapat menyebutkan ciri-ciri masyarakat multikultural
· Siswa
dapat menyebutkan faham-faham dalam masyarakat multikultural
· Siswa
dapat menyebutkan penyebab konflik dalam masyarakat multikultura
|
27
28
29
|
PG
PG
PG
|
20
|
6.3 Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural
|
XII/1
|
·
Gemeinschaft dan gesselschaft
|
Siswa dapat menyebutkan
bentuk-bentuk kelompok sosial
|
30
|
PG
|
21
|
7.1 Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya
asing, dan hubungan antarbudaya
|
XII/2
|
·
Pengertian budaya dan budaya lokal
·
Unsur-unsur budaya
·
Dampak masuknya budaya asing
|
· Siswa
mengetahui arti budaya
· Siswa
dapat menyebutkan pengertian budaya menurut para ahli
· Siswa
dapat menyebutkan unsur-unsur budaya
· Siswa
mengetahui dampak masuknya budaya asing menurut para ahli
· Siswa
mengetahui pengaruh masuknya budaya asing
|
31
32
33
34
35
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
22
|
7.2 Mendeskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di
masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional
|
XII/2
|
·
Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
·
Manfaat keberagaman budaya
|
· Siswa
dapat menyebutkan faktor penyebab
keberagaman budaya
· Siswa
dapat menyebutkan manfaat keberagaman
budaya
|
36
37
|
PG
PG
|
23
|
7.3 Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian
masalah akibat adanya keberagaman budaya
|
XII/2
|
· Masalah-masalah
yang muncul akibat keberagaman budaya
·
Pentingnya integrasi nasional
·
Peran masyarakat dalam menjaga
keselarasan antarbudaya
|
· Siswa
dapat menyebutkan masalah yang muncul akibat keberagaman
budaya
· Siswa
dapat menyebutkan pengertian integrasi
nasional
· Siswa
dapat menyebutkan faktor terbentuknya integrasi
nasional
· Siswa
dapat menyebutkan contoh disintegrasi di lingkungan sekolah
|
38
39
45
40
|
PG
PG
Essay
PG
|
Padalarang, Maret 2017
Guru
Mata Pelajaran
Yagus
Taofik, S.Ag., M.Pd.I
No comments:
Post a Comment